GoldenLovers, Libur Lebaran telah tiba. Namun, persiapan apa saja yang sudah anda lakukan? Agar libur lebaran tahun ini tetap terkendali, anda harus pandai-pandai membuat perencanaan.

Tak sedikit orang memanfaatkan momentum libur lebaran ini untuk pergi ke lokasi-lokasi liburan, selain untuk mudik. Sayangnya, di musim puncak liburan ini, tentu semua biaya menjadi lebih mahal dari biasanya.

Namun tenang, blog travel The Travel Hack punya kiat untuk membuat liburan tetap terkendali.

Pesan Akomodasi Jauh Hari

Lakukan pemesanan untuk penginapan, tiket, tur dan lain sebagainya jauh-jauh hari. Sebab, anda bukanlah satu-satunya orang yang ingin berlibur di libur lebaran ini. Jadi, agar tidak kecewa karena libur batal akibat tidak dapat tempat dan lainnya, siapkan segala sesuatunya jauh-jauh hari.

Buat anda yang ingin menggunakan kendaraan pribadi, segala biaya akan berada di bawah kendalimu. Biaya seperti tol, bahan bakar, camilan, dan lain-lainnya harus anda pikirkan. Bonusnya, anda bisa melihat pemandangan sekitar bila berlibur dengan kendaraan pribadi

BACA JUGA:

Jangan Malas Lakukan Perbandingan Harga

Kebutuhan akomodasi adalah salah satu kebutuhan terbesar dalam berlibur. Jadi, anda harus memikirkannya dengan serius. Salah satu cara termudah mendapat harga terbaik adalah melakukan perbandingan harga secara langsung.

Agar mudah, anda bisa mengakses situs perbandingan harga untuk melihat dan membandingkan biaya akomodasi. Sebab, situs semacam ini mampu menyaring dari banyak situs sekaligus sehingga anda dapat melihat situs mana yang menawarkan harga terbaik.

Selain melalui situs itu, coba cek pula situs resmi penginapan yang ada di lokasi liburanmu. Kadang, harga yang ditawarkan juga bisa lebih murah.

Rumah Warga

Bila anda sudah kesulitan mencari penginapan, baik hotel maupun hostel, tidak ada salahnya mencoba menginap di rumah warga. Terkadang, pilihan ini bisa menjadi pilihan yang lebih hemat. Selain itu, anda juga bisa merasakan suasana setempat yang tentu tidak anda dapatkan di hotel.

Salah satu aplikasi yang bisa anda manfaatkan untuk keperluan ini adalah Airbnb. Jadi, anda cukup memilih dan memilah penginapan yang sesuai dengan anggaran dan seleramu. Untuk anda yang tidak mudik dan berlibur ke luar negeri, bisa mencoba situs VRBO (vacation rental by owners).

Di situs serupa Airbnb itu, anda bisa memilih tinggal dengan pemilik rumah atau menyewa seluruh apartemen. OneFineStay juga bisa menjadi alternatif serupa. Jadi, sesuaikan dengan keinginan dan anggaran yang anda siapkan.

Datang Lebih Awal

Berlibur di musim liburan tentu akan lebih ramai dibanding di musim lainnya. Oleh karena itu, beberapa proses akan menjadi lebih lama. Misalnya, proses untuk masuk hotel. Untuk menghindari antrean panjang, anda bisa datang lebih awal.

Selain proses check-in jadi lebih cepat, anda juga punya banyak waktu untuk berkeliling lebih awal pula atau untuk istirahat.

Beli Tiket Jalur Cepat

Bila tak ingin mengantre panjang, anda juga bisa memanfaatkan tiket jalur cepat atau memesan tiket lebih awal. Ini akan sangat menghemat waktumu sehingga tidak terjebak antrean. anda pun bisa masuk tempat wisata atau pertunjukan dengan nyaman.

Harga tiket pun bisa jadi lebih murah dibanding saat liburan.

Bangun Lebih Awal

Beberapa tujuan wisata pasti penuh orang, apalagi saat libur lebaran. Datang lebih awal tentu akan mengubah semuanya jadi lebih nyaman. Jadi, atur alarm di ponsel agar anda bisa bangun lebih awal.

Demikian, anda bisa datang lebih awal dan pulang ketika orang baru mulai berdatangan

Cek Tujuan 'Rahasia'

Kadang, ada beberapa tempat wisata yang kurang diketahui orang padahal menawarkan pemandangan luar biasa. Coba cek ke warga lokal atau cek di ulasan orang. Demikian, anda bisa menghindari keramaian namun tetap mendapatkan pemandangan luar biasa.