GoldenLovers, Bambu merupakan salah satu jenis tanaman yang bisa dimanfaatkan untuk banyak hal. Dari mulai hiasan, peralatan rumah tangga hingga alat musik. Di Bandung ada satu komunitas, sekaligus juga sebuah sanggar tari yang memiliki kecintaan terhadap bambu, yakni Indonesia Bamboo Community atau IBC.

Dari sebilah bambu, komunitas yang dipimpin Adang Muhidin ini ingin membuat sesuatu yang berbeda, yakni menyulap tanaman bambu menjadi sesuatu yang kreatif dan memiliki daya jual tinggi.

BACA JUGA:

Sebelum bergelut dengan bambu, Adang dulunya adalah kontraktor yang juga memuliki usaha lain, tapi lama-kelamaan usahanya mandek. Dari situ ia mulai bangkit dan perlahan bersama rekan-rekannya mendirikan IBC.

IBC menghasilkan sejumlah produk berbahan baku tanaman bambu. Di antaranya adalah berbagai alat music tradisional, funitur rumah, jam tangan, alat-alat musik modern seperti gitar, drum, biola hingga alat makan dan minuman.

Komunitas yang telah ada sejak 2009 itu, sekarang sudah memproduksi lebih dari 50 buat alat musik yang terbuat dari bambu. Hasil kerajinan dikirimkan ke luar kota Bandung, bahkan sudah sampai ke manca negara.

Tak hanya alat musik tradisional khas Sunda saja. IBC juga kerap menampilkan tarian tradisional khas Tanah Pasundan yang diiringi oleh alat musik yang terbuat dari bambu, seperti jaipong, dengung, rampak gendang dan masih banyak lainnya.

Loading...
loading...
loading...