GoldenLovers, Sebanyak 520 musisi yang tergabung dalam 104 band di Kota Malang memecahkan rekor Museum Rekor Indonesia (MURI) di Stadion Gajayana, Rabu, 9 Mei 2018 malam. Pemecahan rekor MURI ini dilakukan dalam acara bertajuk 104 Sound of Unity.

Gelaran musik ini diselenggarakan oleh Malang Sound Community (MSC) bersama Musik Malang Bersatu (MMB). Kegiatan yang juga diselenggarakan dalam rangka memperingati hari ulang tahun Kota Malang ke-104 ini melibatkan ratusan musisi dari lima komunitas.

Tak hanya ratusan musisi, gelaran akbar ini juga melibatkan 104 sound system dan rental stage serta menggunakan daya sound system sebesar 520 ribu watt. Acara ini didukung dengan tata pencahayaan yang megah.

BACA JUGA:

Manager Marketing MURI, Andre Purwandono mengatakan acara yang mengolaborasikan banyak komunitas dan pelaku musik ini tercatat sebagai acara pertama di Indonesia.

"Sebelumnya sudah pernah ada konser dengan jumlah peserta banyak seperti ini. Tetapi hanya satu instrumen saja, seperti drum atau gitar. Kalau konsep acara seperti ini baru pertama kali," kata dia disela-sela acara.

Sekretaris Daerah Kota Malang, Wasto mengatakan bahwa Pemerintah Kota Malang menyambut baik terlaksananya kegiatan ini. Sebab, kegiatan ini menunjukkan bahwa Kota Malang memiliki banyak musisi-musisi kreatif.

"Dari kreativitas, Malang makin memberi daya tarik untuk dikunjungi wisatawan nusantara maupun wisatawan mancanegara. Oleh karenanya, saya memberikan apresiasi positif kepada Komunitas Malang Musik Bersatu atas event ini," bebernya.

Sementara itu, inisiator kegiatan ini yakni Kapolres Malang Kota AKBP Asfuri mengungkapkan gelaran ini juga turut menunjukkan bahwa Kota Malang merupakan wilayah yang kondusif.

"Walaupun terdiri dari beragam aliran musik, para musisi di Kota Malang dapat bersatu dengan baik. Saya harap dengan musik suasana di Malang semakin kondusif," pungkasnya.