GoldenLovers, Siapa bilang travelling di bulan puasa itu nggak enak? Dengan mengikuti tips berikut, buat kamu yang mengikuti puasa Ramadan ataupun nggak tetap bisa nyaman travelling lho. Yuk, simak tipsnya!

1. Jangan lewatkan sahur!

Meskipun kamu sudah terbiasa untuk berpuasa seharian penuh tanpa sahur, tapi untuk momen kali ini yaitu sedang travelling, cobalah untuk tidak melewatkan sahur. Nggak mau kan lagi jalan-jalan, eh, kamu malah lemas karena nggak sahur. Sahur itu jadi kewajiban utama buat kamu yang travelling saat sedang berpuasa.

2. Makan sahur yang bergizi

Karena kamu lagi jauh di rumah, jadi, pastikan kondisi tubuh selalu dalam keadaan fit saat sedang berpuasa. Selain menjaga waktu istirahat, pastikan juga kamu mengkonsumsi makanan sahur yang bergizi untuk menjaga stamina selama travelling. Dengan menjaga gizi makanan sahur, kamu bisa tetap fit jalan-jalan walau sedang berpuasa.

3. Cari lokasi tempat bermukimnya warga Muslim

Meskipun kamu travelling ke negara yang mayoritas penduduknya non muslim, tapi coba deh cari tempat yang banyak penduduk Muslimya. Di sana bisa jadi tempat kamu cari menu berbuka puasa untuk menemukan berbagai makanan halal. Lagipula, kamu juga bisa punya pengalaman berbeda dengan ngerasain sensasi kehangatan dan tradisi bulan Ramadan di tempat baru, kan?

4. Rasakan momen berbuka puasa bersama di masjid setempat

Selain mengunjungi daerah Muslim, ada cara lain juga untuk merasakan sensasi Ramadan yang berbeda, yaitu dengan mengunjungi masjid-masjid setempat yang sangat ikonik. Selain bisa memperkaya pengetahuan, kalau beruntung, kamu juga bisa mendapatkan ta’jil gratis dan bisa merasakan berbuka puasa dengan tradisi berbuka puasa yang baru dari tempat asalmu. Tawaran menarik, kan?

5. Alokasikan budget jajan untuk hal menarik lainnya

Salah satu keuntungan travelling saat berpuasa adalah ada budget yang tersisa. Jadi, budget jajan di siang hari yang udah kamu tentukan bisa dialokasikan untuk ngabuburit atau mempersiapkan menu berbuka atau bahkan mengunjungi tempat yang lebih banyak lagi. Biasanya, salah satu godaan saat berpuasa adalah membeli jajanan yang ditemukan sepanjang perjalanan. Kalau lagi berpuasa, kamu pasti nggak bakalan deh tergoda untuk beli ini itu, jadi budget-nya bisa untuk yang lain, deh!

6. Bawa barang nyaman saat berjalan-jalan tengah hari

Saat kamu travelling saat sedang berpuasa, usahakan untuk tetap membuat dirimu nyaman sepanjang hari. Kalau memang rencanamu adalah mengunjungi banyak tempat dan menggunakan backpack atau carrier untuk berpindah-pindah tempat dalam perjalanan kali ini, pastiin kamu sudah packing dengan rapih dan juga ringkas. Jangan bawa terlalu banyak barang yang bisa memberatkanmu dan membuatmu cepat lelah selama travelling.

BACA JUGA:

7. Catat waktu imsak dan berbuka di tempat tujuan

Beda kota aja pasti udah berbeda waktu imsak dan waktu berbuka puasanya, apalagi kalau kamu lagi travelling ke luar negeri! Nah, sebelum kamu berangkat, jangan lupa juga untuk catat waktu imsak dan berbuka di tempat tujuanmu. Terlebih lagi saat kamu travelling ke negara mayoritas non muslim, bisa jadi kamu akan jarang mendengar adzan dan membuatmu lupa waktu berbuka. Lebih baik, semuanya sudah dipersiapkan dari rumah.

8. Bawa vitamin!

Saat berpuasa, pasti kandungan gula dalam tubuh lebih rendah, makanya nggak heran tubuhmu jadi lebih cepat lemas, apalagi kalau lagi travelling. Nah, agar kegiatan jalan-jalanmu nggak terganggu, jangan lupa bawa dan konsumsi vitamin saat berbuka dan saat sahur agar kondisi tubuhmu bisa terus fit.

9. Kandungan air putih yang banyak saat sahur sangat penting

Jalan-jalan di siang hari biasanya membuat orang lebih cepat haus dan dehidrasi. Tapi, selama puasa, kamu bisa menyiasati hal tersebut dengan mengkonsumsi kandungan air putih yang cukup saat sahur dan berbuka puasa. Selain menghindari panas dalam, kamu juga nggak perlu khawatir akan dehidrasi saat banyak jalan kaki di tengah waktu puasa.

10. Kurangi berjelajah saat di tengah hari

Siang hari memang waktu yang paling pas untuk menjelajah. Namun, kalau momen travelling ini bertepatan saat kamu berpuasa, cobalah untuk mengatur kembali jadwalmu. Usahakan untuk mengunjungi tempat-tempat wisata indoor di siang hari dan mengunjungi wisata outdoor di pagi hari, sore hari atau bahkan malam hari agar tubuhmu nggak langsung terkena paparan sinar matahari yang bisa membuat dehidrasi dan bisa membuatmu bisa lebih tahan seharian.

11. Berhati-hati saat membeli makanan sahur dan berbuka puasa

Jika kamu tinggal di daerah yang jauh dari lingkungan Muslim, pastikan kamu lebih berhati-hati saat membeli makanan sahur dan berbuka puasa. Tak ada salahnya untuk selalu memastikan kehalalan makanan tersebut agar puasamu bisa tetap lancar sepanjang hari.

12. Saat nggak berpuasa, bawalah cadangan makanan di tas

Berbeda halnya dengan yang berpuasa, untuk kamu yang nggak menjalankan ibadah puasa atau sedang berhalangan, ada baiknya untuk siap sedia camilan di tas saat jalan-jalan di siang hari, terutama untuk kamu yang travelling ke daerah yang mayoritas penduduknya Muslim. Bisa jadi, di bulan Ramadan nanti, ada banyak resto yang tutup. Daripada kamu kesulitan mencari makan di siang hari, lebih baik sudah siapkan dulu bekal makan yang udah kamu beli dari malam hari, seperti sandwich atau roti. Jangan lupa juga untuk menghormati warga setempat dengan nggak makan di depan tempat umum, terutama di daerah yang kental dengan agama Islamnya.

13. Sesuaikan pakaian

Celana pendek dan kaos memang setelan yang pas untuk travelling di musim panas. Tapi, kalau kamu travelling-nya pas bulan Ramadan, usahakan untuk menyesuaikan pakaian dengan kondisi setempat, terutama kamu yang travelling ke daerah berpenduduk Muslim. Umumnya, warga setempat akan berpakaian lebih sopan dan mengharapkan hal yang sama dari para traveller. Jadi, cobalah untuk berbaur dan menyesuaikan diri.

Loading...
loading...
loading...