GoldenLovers, Kekuatan media sosial (medsos) memang tak perlu dipertanyakan lagi. Hal ini pula yang akhirnya membuat banyak merek dan pengusaha juga gencar melakukan pemasaran melalui media sosial dengan berbagai konten, baik foto maupun video.

Tentu, banyak pihak berharap bahwa konten yang dibuat bisa viral dan menjangkau banyak audiens. Sayangnya, tidak ada yang tahu rumus untuk menciptakan konten seperti itu. Padahal, melalui strategi storytelling di berbagai medium atau multiplatform bisa memberi dampak yang luar biasa.

BACA JUGA:

Menurut Managing Editor VICE Indonesia Ardyan M. Erlangga, video adalah seni. Jadi, butuh kreativitas dan memang tidak ada rumus pasti untuk membuatnya jadi konten viral.

"Membuat konten viral itu trial and error. Tapi, setidaknya, bisa berangkat dari struktur cerita yang matang. Apalagi penikmat video terbesar adalah anak muda (milenial). Generasi ini kritis dan paham bahwa substansi cerita jauh lebih penting dari gaya," ungkap Ardyan.

Untuk menghasilkan struktur cerita matang dan memiliki substansi, Adryan punya caranya. Pertama, tentukan tema. Kedua, buat storyboard yang memuat sudut penceritaan yang utama serta pendukung dan platform yang tepat untuk cerita tersebut.

Ketiga, visualisasikan pesan dengan bercerita dengan lugas dan fokus pada tokoh utama atau sosok paling menarik. "Jangan lupa, kisahkan latar belakang cerita agar audiens bisa sungguh-sungguh masuk ke dalam kisah yang dibangun," pungkas Ardyan seperti dikutip Marketeers.

Loading...
loading...
loading...