GoldenLovers, Teh merupakan salah satu sajian minuman yang paling banyak dikonsumsi orang di dunia setelah air putih. Hasil riset menunjukan bahwa 78 persen orang di dunia mengonsumsi teh hitam dan hanya 20 persen yang rajin mengonsumsi teh hijau.

Padahal teh hijau mengandung rangkaian manfaat baik untuk kesehatan dan penampilan diri Anda. Teh hijau atau green tea sering dikaitkan dengan kaum perempuan karena salah satu manfaatnya dipercaya dapat membantu proses pembakaran lemak agar maksimal.

Selain itu, teh hijau juga kaya khasiat untuk kesehatan tubuh manusia karena tinggi kandungan antioksidan dan polifenol (zat kimia pada tumbuhan dan diyakini memiliki khasiat penting untuk kesehatan).

Menurut pakar gizi, Keri Glasmann, memanfaatkan teh hijau untuk program penurunan berat badan, maka Anda harus mengonsumsinya dengan cara yang benar. Sebab, salah pilih jenis teh hijau justru bisa menambah jumlah kalori pada tubuh Anda.

Glasmann mengatakan, mengonsumsi teh hijau yang telah dicampur dengan rasa buatan yang dikenal dengan sebutan flavour tea akan mengurangi manfaat dan fungsinya.

"Kandungan gula pada flavor tea sangat tinggi daripada teh hijau murni. Jadi, lebih baik hindari minum teh hijau yang telah bercampur dengan rasa tambahan. Sebisa mungkin jangan mengonsumsi teh dengan tambahan gula dan rasa artifisial karena hanya membuat berat badan Anda naik," jelas Glassmann.

Dia menambahkan, sebaiknya konsumen jangan malas membaca dengan teliti label teh pada kemasan teh hijau untuk memastikan semua kandungan bersifat natural.

"Ada perbedaan kualitas daun teh dan tambahan kandungan lainnya yang sebenarnya tidak penting. Teh hijau bukanlah sumber vitamin. Namun, untuk memaksimalkan manfaatnya, carilah teh hijau yang kandungannya natural dan tidak ada penambahan rasa buatan," urainya.

Penyajian teh hijau, kata dia, juga bisa memengaruhi khasiatnya sebagai pembakar lemak dalam tubuh. Dia menyarankan, lebih baik mengonsumsi teh hijau dalam keadaan hangat untuk mengoptimalkan pembakaran lemak dan penurunan kalori pada tubuh Anda.

"Seduh secangkir teh hijau dengan air yang hangat, jangan terlalu mendidih. Jadi, saat rebusan air telah menimbulkan gelombang kecil, segera tuangkan pada kantong teh. Lalu, biarkan teh meresap selama dua hingga empat menit," jelasnya.

BACA JUGA:

Dia juga mengingatkan bahwa sebaiknya jangan menyimpan teh hijau terlalu lama. Sebab, sama halnya dengan jenis makanan minuman lainnya, teh hijau lebih baik dikonsumsi dalam kondisi yang masih segar dan hangat.

"Apabila Anda menggunakan teh hijau dalam bentuk bubuk atau teh celup, pastikan Anda menghabiskannya dalam waktu enam bulan ke depan, jangan lebih dari itu," sarannya.

Mengonsumsi jenis minuman yang sama setiap hari tentunya bisa membuat Anda bosan. Kondisi ini berpotensi merusak program diet dan pola makan sehat Anda. Oleh karena itu, jangan malas mencari informasi untuk membuat teh hijau dalam variasi yang berbeda-beda.

"Anda bisa menambahkan ekstrak teh hijau natural pada air putih. Cara ini cukup efisien untuk tetap mendapatkan manfaatnya dalam keseharian Anda," ucapnya.

Dia merekomendasikan untuk mengolah ekstrak teh hijau dan air putih dalam formula yang seimbang agar tidak kehilangan khasiatnya.

"Satu miligram ekstrak teh hijau akan memberikan Anda manfaat yang sama dengan minum delapan hingga 10 cangkir teh hijau murni yang kental antioksidan," pungkasnya.

Bagian tubuh yang paling jelas terlihat perbedaannya setelah Anda rutin mengonsumsi teh hijau natural adalah bagian perut.

Menurut Rupalli Dutta, seorang konsultan nutrisi, teh hijau memiliki nol kalori dan bisa membuat perut terasa lebih kenyang sehingga mencegah Anda makan makanan yang tinggi lemak. Dutta menambahkan bahwa selain antioksidan, teh hijau murni juga mengandung katekin yang berfungsi untuk meluruhkan lemak.

"Beberapa penelitian menyarankan mengonsumsi teh hijau sebanyak dua sampai dengan tiga kali dalam sehari untuk mendapatkan perut yang rata," pungkas Dutta, seperti dinukil DetikFood.

 

Loading...
loading...
loading...