GoldenLovers, Saat berada dalam hubungan asmara, seringkali orang melihat dirinya menjadi satu dengan pasangannya. Mereka seolah kehilangan identitas diri yang dulu dimiliki saat masih single.

Namun, sangat penting bagi kedua belah pihak –Anda dan pasangan– untuk mempunyai otonomi sendiri atau kemandirian. Bukan hanya membantu Anda dan pasangan tidak kehilangan kepribadian, hal ini juga membuat hubungan kian menarik bahkan langgeng, lho.

BACA JUGA:

Ini 3 cara bagaimana bersikap mandiri justru membuat hubungan Anda bertahan lama.

Tidak semua hal harus dibagikan pada pasangan

Memang wajar jika Anda ingin membagi semua hal pada pasangan, terutama pada awal hubungan. Sebut saja karena hormon, kegembiraan punya pacar baru, atau (well) benar-benar karena cinta. Namun, jika Anda membagikan semuanya pada awal hubungan, apa yang tersisa setelah itu? Cinta seharusnya menjadi proses yang berkelanjutan dan sungguh tidak mungkin pasangan akan mengetahui semua hal tentang Anda pada 1-2 bulan awal pacaran.

Punya hobi berbeda dengan pasangan

Mempunyai hobi sering memberi dampak positif bagi Anda. Dari berbagai penelitian, hobi menjadi salah satu alat untuk menyeimbangkan kesehatan mental, meredakan stres, memberikan kepuasaan sekaligus rasa kemandirian. Terkadang mempunyai hobi yang berbeda dari pasangan sangat lah baik. Anda mempunyai saluran untuk mengaktualisasi diri sendiri tanpa diri pasangan, yang pastinya juga baik untuk kepribadian Anda.

Mempunyai lingkar pertemanan yang berbeda

Pasangan yang mempunyai lingkaran pertemanan yang sama, mempunyai kecenderungan hubungan yang tidak seimbang. Ditakutkan, ketergantungan antar Anda dan pasangan justru semakin menjadi-jadi dengan adanya dukungan teman-teman Anda. Selain itu, mempunyai pertemanan yang berbeda membuat Anda dan pasangan, masing-masing mempunyai identitas yang unik, yang benar-benar terlepas dari hubungan asmara. Pertemanan ini juga sehat saat Anda dan pasangan ternyata harus berpisah. Bayangkan jika Anda dan pasangan punya teman yang sama, yang ada kalian jadi susah move on karena bertemu terus.