GoldenLovers, Hubungan persahabatan bisa datang dan pergi, tetapi tidak dengan saudara kandung karena ini seringkali merupakan salah satu hubungan terpanjang dalam kehidupan seseorang.

Pada umumnya saudara kandung tumbuh di lingkungan dan orang tua yang sama, mereka berbagi kenangan dan pengalaman yang serupa. Saudara kita adalah pohon keluarga kita.

BACA JUGA:

Mereka adalah bagian dari diri kita dan perjalanannya itu adalah sejarah Bersama. Hubungan saudara kandung adalah unik yang tak ternilai harganya. Bagaimana cara merawatnya agar tetap langgeng?

1. Saling menghormati dan menghargai

Orangtua kita sering mengajarkan rasa hormat di antara saudara dan tidak mentolerir perilaku negatif dan berbahaya dalam hubungan saudara. Berlakukanlah seperti layaknya Anda ingin diperlakukan. Setiap orang pastinya tidak ingin ada orang yang bertanya secara kasar kepadanya bukan, jadi jangan lakukan hal tersebut kepada saudara sekandung. Memang antar saudara tidak selalu berlaku formal, namun tetap saja Anda butuh tata krama sopan santun agar ada rasa saling menghormati dan menghargai di antara saudara.

2. Hindari persaingan antara saudara kandung

Sebagai orangtua hendaknya sejak dini menghindari pilih kasih, karena ini mungkin alasan paling umum untuk persaingan saudara. Jadi waspadalah terhadap persaingan antar saudara sekandung termasuk dengan pasangannya yang cenderung mendatangkan perpecahan.

3. Bangun komunikasi sehat

Dorong komunikasi yang sehat antara saudara kandung. Jika mereka memiliki ketidaksepakatan tentang pandangan politik, agama atau hal lainnya mereka bisa melakukannya dengan cara yang sehat tanpa harus bersitegang. Jadi sebagai orangtua, ajarkanlah anak Anda bagaimana bernegosiasi dan berkompromi serta memecahkan masalah.

4. Acara keluarga bulanan

Meski masing-masing keluarga sibuk dengan kegiatannya, tetapkan waktu untuk pertemuan keluarga mingguan atau bulanan. Di sinilah tempat menghangatkan kembali persaudaraan sekandung sekaligus dengan suami, istri dan anak masing-masing keluarganya.

5. Menjadi teman terbaik

Setiap orang memiliki keunikannya tersendiri. Meskipun saudara laki-laki dan perempuan memiliki gen yang sama, seringkali mereka memiliki kepribadian yang sangat berbeda. Lestarikan hubungan saudara yang sehat agar bisa bertahan seumur hidup. Sepanjang tahun mereka bisa menjadi teman pendukung selain orangtua Anda. Siapa lagi yang lebih mengenal Anda selain saudara laki-laki atau saudara perempuan Anda?

6. Saling mengunjungi

Kesibukkan dan jarak tempat tinggal yang berjauhan sering menghambat intensitas perjumpaan saudara sekandung. Namun, perlu diperhatikan bahwa hadirnya saudara sekandung sangat penting, khususnya di saat-saat yang sulit guna memberikan kekuatan dan dukungan.

7. Kontak melalui 'sms' atau Obrolan Media Sosial

Sering melakukan kontak dengan ber sms ataupun aplikasi obrolan media sosial antar saudara akan menjalin kedekatan dengan obrolan ringan yang menunjukkan saling perhatian.

8. Bersikap baik dengan pasangan mereka

Tunjukkan sikap postif kepada pasangan saudara kandung, meski terkadang tutur kata dan perilakunya tidak sesuai dengan impian serta harapan Anda.

9. Berlibur bersama

Salah satu hal yang baik membangun kedekatan dengan saudara kandung adalah mengajak berlibur bersama. Manfaatnya Anda dan saudara dapat berkilas balik keseruan liburan di masa lalu yang telah menjadi kenangan indah bersama.

Jadi marilah lakukan hal-hal tersebut di atas agar hubungan dengan saudara sekandung dapat terjalin baik dan harmonis.